Pertemuan 2 Sistem Informasi Bisnis

 

                Pengertian

  • Sistem Informasi Bisnis merupakan kumpulan dari berbagai informasi yang memiliki kesatuan antara satu dan yang lainnya yang ditujukan untuk kepentingan bisnis.
  • Kerangka kerja konseptual system informasi :
  1. Konsep dasar keprilakuan, teknis, bisnis, dan manajerial termasuk mengenai berbagai komponen dan peran sistem informasi.
  2. Teknologi informasi: Konsep - konsep utama, pengembangan, dan berbagai isu manajemen teknologi informasi yaitu meliputi hardware, software, jaringan, manajemen data, dan banyak teknologi berbasis internet.

3.       Aplikasi bisnis: Penggunaan utama dari sistem informasi untuk operasi, manajemen dan keunggulan kompetitif bisnis.

4.       Proses pengembangan: Bagaimana para praktisi bisnis dan pakar informasi merencanakan, mengembangkan, dan mengimplementasikan sistem informasi untuk memenuhi peluang bisnis.

5.       Tantangan manajemen: Tantangan untuk secara efektif dan etis mengelola teknologi informasi pada tingkatpemakai akhir, perusahaan, dan global dalam bisnis.

 

Aturan dasar

§  Dukungan terhadap proses dan operasi bisnis.

§  Dukungan terhadap pengambilan keputusan oleh pegawai dan manajer.

§  Dukungan strategi untuk keunggulan bersaing

 

Manfaat

       Mampu meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam sebuah perusahaan.

       Mempermudah pihak manajemen perusahaan dalam merencanakan, mengarahkan, mendelegasikan pekerjaan kepada seluruh bagian perusahaan.

       Membuat sumber daya manusia semakin produktif karena beberapa pekerjaan sudah dikerjakan oleh sistem.

       Menekan pengeluaran biaya dalam sebuah perusahaan.

       Produktifitas pekerjaan semakin meningkat.