Pertemuan 2 Sistem Informasi Bisnis
Pengertian
- Sistem Informasi Bisnis
merupakan kumpulan dari
berbagai informasi yang memiliki kesatuan antara satu dan yang lainnya
yang ditujukan untuk kepentingan bisnis.
- Kerangka kerja konseptual
system informasi :
- Konsep dasar keprilakuan, teknis, bisnis,
dan manajerial termasuk mengenai berbagai komponen dan peran sistem
informasi.
- Teknologi informasi: Konsep - konsep
utama, pengembangan, dan berbagai isu manajemen teknologi informasi yaitu
meliputi hardware, software, jaringan, manajemen data, dan banyak
teknologi berbasis internet.
3.
Aplikasi
bisnis: Penggunaan utama dari sistem informasi untuk operasi, manajemen dan
keunggulan kompetitif bisnis.
4.
Proses
pengembangan: Bagaimana
para praktisi bisnis dan pakar informasi merencanakan, mengembangkan, dan mengimplementasikan
sistem informasi untuk memenuhi peluang bisnis.
5.
Tantangan
manajemen: Tantangan untuk secara efektif dan etis mengelola teknologi
informasi pada tingkatpemakai akhir, perusahaan, dan global dalam bisnis.
Aturan
dasar
§ Dukungan terhadap proses dan operasi
bisnis.
§ Dukungan terhadap pengambilan keputusan
oleh pegawai dan manajer.
§ Dukungan strategi untuk keunggulan
bersaing
Manfaat
• Mampu meningkatkan efektifitas dan efisiensi
dalam sebuah perusahaan.
• Mempermudah pihak manajemen
perusahaan dalam merencanakan, mengarahkan, mendelegasikan pekerjaan kepada
seluruh bagian perusahaan.
• Membuat sumber daya manusia semakin
produktif karena beberapa pekerjaan sudah dikerjakan oleh sistem.
• Menekan pengeluaran biaya dalam sebuah
perusahaan.
• Produktifitas pekerjaan semakin
meningkat.